10 Perbedaan Variabel Lokal Dan Variabel Global

 
10-Perbedaan-Variabel-Lokal-Dan-Variabel-Global

Apa itu Variabel Lokal?

Variabel lokal adalah jenis variabel yang dapat digunakan di mana ruang lingkup dan tingkat variabel berada dalam metode atau blok pernyataan di mana ia dideklarasikan. Ini digunakan sebagai variabel iterasi dalam pernyataan foreach, variabel pengecualian dalam klausa tangkapan spesifik dan variabel sumber daya dalam pernyataan penggunaan. Itu juga dapat digunakan sebagai konstanta yang nilainya tidak dapat diubah dalam metode atau blok pernyataan di mana ia dideklarasikan.

Variabel lokal merupakan dasar untuk pemrograman prosedural dan lebih umum pemrograman modular: variabel lingkup lokal digunakan untuk menghindari masalah dengan efek samping yang dapat terjadi dengan variabel global.

Dalam kebanyakan bahasa, variabel lokal adalah variabel otomatis yang disimpan di tumpukan panggilan secara langsung. Ini berarti bahwa ketika fungsi rekursif memanggil dirinya sendiri, variabel lokal di setiap instance fungsi diberikan alamat yang berbeda. Oleh karena itu variabel lingkup ini dapat dideklarasikan, ditulis, dan dibaca, tanpa risiko efek samping pada fungsi di luar blok di mana mereka dideklarasikan.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Variabel Lokal

  • Variabel lokal dibuat ketika fungsi dijalankan dan setelah eksekusi selesai, variabel dihancurkan.
  • Variabel lokal dapat diakses dengan bantuan pernyataan di dalam fungsi di mana mereka dideklarasikan.
  • Variabel lokal dideklarasikan di awal setiap blok atau fungsi dalam program.
  • Jika variabel lokal tidak diinisialisasi, ia mengambil nilai sampah secara default.
  • Variabel lokal disimpan dalam memori tumpukan kecuali ditentukan.
  • Setiap perubahan dalam variabel lokal tidak mempengaruhi fungsi lain dari program.
  • Berbagi data tidak dimungkinkan karena data variabel lokal hanya dapat diakses oleh satu fungsi.
  • Ketika nilai variabel lokal dimodifikasi dalam satu fungsi, perubahan tidak terlihat di fungsi lain.
  • Melewati parameter diperlukan agar variabel lokal dapat mengakses nilai di fungsi lain.
  • Nama yang diberikan ke variabel lokal dalam fungsi yang berbeda dapat sama atau berbeda karena fungsi ini hanya tersedia untuk fungsi yang dideklarasikan dalam fungsi tersebut.

Apa itu Variabel Global?

Variabel global, seperti namanya, adalah variabel yang dapat diakses secara global, atau di mana saja selama program. Setelah dideklarasikan, mereka tetap berada di memori selama runtime program. Ini berarti bahwa mereka dapat diubah oleh fungsi apa pun di titik mana pun dan dapat memengaruhi program secara keseluruhan.

Sekelompok variabel global disebut keadaan global atau lingkungan global karena ketika digabungkan, mereka mendefinisikan berbagai aspek dari suatu program atau lingkungan ketika program dijalankan. Variabel global biasanya dideklarasikan di atas semua fungsi dan dijaga agar tetap minimum, karena semua fungsi dapat memanipulasinya selama waktu program berjalan, yang dianggap berbahaya oleh sebagian besar programmer karena dapat diubah secara tidak sengaja, yang mengakibatkan bug.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Variabel Global

  • Variabel global ada dalam program selama program dijalankan.
  • Itu dapat diakses di seluruh program dengan semua fungsi yang ada dalam program.
  • Variabel global biasanya dideklarasikan di awal program apa pun sebelum mendefinisikan fungsi atau blok apa pun.
  • Jika variabel global tidak diinisialisasi, dibutuhkan nol secara default.
  • Variabel global disimpan dalam segmen data memori, diputuskan oleh kompiler.
  • Setiap perubahan dalam variabel global mempengaruhi keseluruhan program, dimanapun itu digunakan.
  • Berbagi data dimungkinkan karena beberapa fungsi dapat mengakses variabel global yang sama.
  • Ketika nilai variabel global dimodifikasi dalam satu fungsi, perubahan terlihat di sisa program.
  • Melewati parameter tidak diperlukan untuk variabel global karena terlihat di seluruh program.
  • Nama yang diberikan ke variabel global tidak dapat diubah saat mengaksesnya di titik mana pun dari program karena ia dideklarasikan dan didefinisikan hanya sekali pada awal program.

Perbedaan Variabel Lokal Dan Variabel Global

  1. Variabel lokal dapat diakses dengan bantuan pernyataan di dalam fungsi di mana mereka dideklarasikan. Variabel global dapat diakses di seluruh program dengan semua fungsi yang ada dalam program.
  2. Variabel lokal dibuat ketika fungsi dijalankan dan setelah eksekusi selesai, variabel dihancurkan. Variabel global ada dalam program selama program dijalankan.
  3. Variabel lokal dideklarasikan di awal setiap blok atau fungsi dalam program. Variabel global biasanya dideklarasikan di awal program apa pun sebelum mendefinisikan fungsi atau blok apa pun.
  4. Jika variabel lokal tidak diinisialisasi, ia mengambil nilai sampah secara default. Jika variabel global tidak diinisialisasi, dibutuhkan nol secara default.
  5. Variabel lokal disimpan dalam memori tumpukan kecuali ditentukan. Variabel global disimpan dalam segmen data memori, diputuskan oleh kompiler.
  6. Setiap perubahan dalam variabel lokal tidak mempengaruhi fungsi lain dari program. Setiap perubahan dalam variabel global mempengaruhi keseluruhan program, dimanapun itu digunakan.
  7. Berbagi data tidak dimungkinkan karena data variabel lokal hanya dapat diakses oleh satu fungsi. Berbagi data dimungkinkan karena beberapa fungsi dapat mengakses variabel global yang sama.
  8. Ketika nilai variabel lokal dimodifikasi dalam satu fungsi, perubahan tidak terlihat di fungsi lain. Ketika nilai variabel global dimodifikasi dalam satu fungsi, perubahan terlihat di sisa program.
  9. Melewati parameter tidak diperlukan untuk variabel global karena terlihat di seluruh program. Melewati parameter tidak diperlukan untuk variabel global karena terlihat di seluruh program.
  10. Nama yang diberikan ke variabel lokal dalam fungsi yang berbeda dapat sama atau berbeda karena fungsi ini hanya tersedia untuk fungsi yang dideklarasikan dalam fungsi tersebut. The name given to the global variable cannot be changed while accessing it at any point of the program as it’s declared and defined only once  at the starting of the program. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama