7 Perbedaan Tag Div Dan Span Dalam HTML

 

Perbedaan-Tag-Div-Dan-Span-Dalam-HTML

Tag div dikenal sebagai tag Divisi. Tag div digunakan dalam HTML untuk membuat pembagian konten di halaman web seperti (teks, gambar, header, footer, bilah navigasi, dll). Dengan kata lain, tag HTML <div> digunakan untuk mengelompokkan sebagian besar elemen HTML bersama-sama.

Tag div memiliki tag buka(<div>) dan penutup (</div>) dan wajib untuk menutup tag. Div adalah tag yang paling berguna dalam pengembangan web karena membantu kita untuk memisahkan data di halaman web dan kita dapat membuat bagian tertentu untuk data atau fungsi tertentu di halaman web.

Kita tahu bahwa setiap tag memiliki tujuan tertentu, mis. tag p digunakan untuk menentukan paragraf, tag <h1> hingga <h6> digunakan untuk menentukan judul tetapi tag <div> sama seperti unit wadah yang digunakan untuk merangkum elemen halaman lain dan membagi dokumen HTML menjadi beberapa bagian.

Tag div umumnya digunakan oleh pengembang web untuk mengelompokkan elemen HTML dan menerapkan gaya CSS ke banyak elemen sekaligus. Misalnya: Jika Anda membungkus satu set elemen paragraf ke dalam elemen div sehingga Anda dapat memanfaatkan gaya CSS dan menerapkan gaya font ke semua paragraf sekaligus alih-alih mengkodekan gaya yang sama untuk setiap elemen paragraf.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Div Tag

  •  It is used for dividing the elements that are block-line, basically, line break before and after it.
  • It also includes global attributes for the specified element in HTML documents.
  • It also used for CSS styles.
  • Sometime Paragraph tag <p> is used for inner side of the <div> tag.
  • In div tag, we use borders with width and height with specified color pixels to highlight the front end document.
  • Nested <div> tag is used for HTML documents with different styles.

Tag <span> HTML

Tag HTML <span> digunakan sebagai wadah umum elemen sebaris. Ini digunakan untuk tujuan penataan ke elemen sebaris yang dikelompokkan (menggunakan atribut kelas dan id atau gaya sebaris). Tag <span> mudah ditata oleh CSS atau dimanipulasi dengan JavaScript menggunakan atribut class atau id.

Span sangat mirip dengan tag div, tetapi div adalah tag level blok dan span adalah tag inline. Span tag adalah tag berpasangan yang berarti memiliki tag buka (<) dan tag penutup (>), dan tag tersebut wajib ditutup. Tag <span> tidak memiliki arti atau rendering default.

Tag <span> dapat berguna untuk tugas berikut:

  • Untuk mengubah bahasa bagian teks.
  • Untuk mengubah warna, font, latar belakang bagian teks menggunakan CSS
  • Untuk menerapkan skrip ke bagian tertentu dari teks.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Span Tag

  • Ini digunakan untuk mengelompokkan elemen sebaris dalam dokumen HTML.
  • Ini berisi atribut spesifik, global dan acara.
  • Ini digunakan untuk gaya CSS.
  • Dalam paragraf <span> tag digunakan untuk menerapkan gaya CSS untuk kata-kata tertentu dengan set font yang ditentukan.
  • Dalam tag Span, kami menggunakan kode warna tertentu untuk menyorot dokumen ujung depan.
  • Tag rentang bersarang tidak akan digunakan untuk dokumen HTML.

Perbedaan Tag Div Dan Span Dalam HTML

  1. Elemen div HTML digunakan untuk membungkus sebagian besar elemen. Elemen rentang HTML digunakan untuk membungkus sebagian kecil teks, gambar, dll.
  2. Ini juga mencakup atribut global untuk elemen tertentu dalam dokumen HTML. Ini berisi atribut spesifik, global dan acara.
  3. Itu juga digunakan untuk gaya CSS. Ini digunakan untuk gaya CSS.
  4. Terkadang tag Paragraf <p> digunakan untuk sisi dalam tag <div>. Dalam paragraf <span> tag digunakan untuk menerapkan gaya CSS untuk kata-kata tertentu dengan set font yang ditentukan.
  5. Dalam tag div, kami menggunakan batas dengan lebar dan tinggi dengan piksel warna tertentu untuk menyorot dokumen ujung depan. Dalam tag Span, kami menggunakan kode warna tertentu untuk menyorot dokumen ujung depan.
  6. Tag <div> bersarang digunakan untuk dokumen HTML dengan gaya yang berbeda. Tag rentang bersarang tidak akan digunakan untuk dokumen HTML.
  7. Div HTML adalah elemen blok.Rentang HTML adalah elemen sebaris.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama