Di Antara Bentuk Pengamalan Dari Keyakinan Terhadap Al Alim Adalah? Cari Tahu Yuk!

di-antara-bentuk-pengamalan-dari-keyakinan-terhadap-al-alim-adalah
Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap Al Alim adalah giat menuntut ilmu. Hal itu karena Al Alim sendiri memiliki arti Maha Mengetahui. Kemudian, dalam kehidupan sehari-hari perbuatan apa saja yang mencerminkan pengamalan terhadap sifat Allah Al Alim ini? Yuk kita cari tahu bersama-sama.

Di Antara Bentuk Pengamalan dari Keyakinan Terhadap Al Alim adalah, Simak Disini!

Al Alim adalah satu sifat baik Allah di dalam 99 Asmaul Husna. Maha Mengetahui yang merupakan arti dari Al Alim memiliki makna bahwa Allah SWT melihat atau mengetahui segala sesuatu yang berlangsung di alam semesta ini. Tidak luput juga tingkah laku manusia baik yang kasat mata maupun yang hanya terdapat di dalam hati serta pikiran manusia. Dengan kata lain Allah mengetahui yang tampak maupun ghaib.

Pengetahuan Allah tidak ada batasan waktu dan ruang. Semua kegiatan yang dikerjakan oleh makhluk hidup di seluruh alam semesta dilihat Allah SWT. Lebih menakjubkan lagi, Allah mengetahui peristiwa yang akan terjadi selanjutnya. Pengetahuan Allah memang tiada batasnya.

Allah berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 16 yang menyuruh kepada umat manusia untuk menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya, sehingga dapat mengetahui banyaknya ciptaan Allah baik di bumi maupun yang di langit. Karena sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat orang yang gemar menggali ilmu pengetahuan lalu kemudian dia mengamalkannya.

Pengertian Al Alim

Ahli bahasa Arab menjelaskan bahwasanya kata 'alim' berpangkal dari kata 'ain lam dan mim'. Dari beragam wujudnya, susunan huruf itu selanjutnya menciptakan kata yang memiliki makna 'deskripsi sesuatu hingga jelas, sehingga tidak ada lagi keraguan'.

Sebagai contoh kata 'alamat'. Alamat memiliki arti sebagai informasi tentang tempat, sehingga orang bisa menuju ke tujuan tanpa kesasar.

Melalui arti dasar yang sama, kata Al Alim mempunyai arti zat yang kuasa mendeskripsikan sesuatu, baik yang nyata maupun ghaib, besar maupun kecil, dekat maupun jauh, simple maupun detail dengan sangat jelas tanpa ada keraguan.

Allah mengetahui apa yang dilakukan orang-orang zalim, Allah mengetahui apa-apa yang ada dalam hati, Allah mengetahui orang-orang yang menyebabkan kerusakan, dan Allah mengetahui orang-orang yang bertakwa.

Nilai Al Alim Bagi Seorang Hamba

Penjelasan itu merupakan materi bagi kita untuk mencari nilai praktis dan menginspirasi bagi perkembangan diri kita sebagai makhluk Allah SWT. Kita wajib memahami bahwa ilmu selain menjadi sifat terpuji Allah juga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut karena Al Alim mempunyai hubungan yang erat dengan peningkatan diri orang Islam.

Lalu, di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap Al Alim adalah, yakni sebagai berikut.

1. Mengimani Allah sebagai Al Alim

Sebagai seorang muslim hukumnya wajib untuk beriman kepada Allah SWT yang Maha Mengetahui. Tidak ada rahasia atau yang tersembunyi bagi Allah.

2. Bersikap hati-hati dalam hidup

Efek dari kesadaran tersebut, sebagai umat muslim kita senantiasa memiliki sikap yang hati-hati. Karena apa yang kita lakukan baik pikiran, rasa, dan perbuatan akan diketahui Allah dan dicatat sebagai amal kita di dunia.

3. Menjadi abd Al Alim

Seseorang yang mendapatkan anugerah Allah yakni dapat memahami ilmu pengetahuan tanpa belajar apapun dari siapapun dikenal dengan sebutan abd Al Alim. Ilmu yang ia punyai merupakan ilmu hudhuri atau berasal langsung dariNya.

Contoh Perilaku yang Menerapkan Al Alim di Sekolah Maupun Rumah

1.     Belajar dengan rajin, gemar membaca untuk menambah pengetahuan

2.     Rajin melakukan diskusi dan mengikuti organisasi agar bertambah wawasan

3.     Membantu dan membimbing adik menyelesaikan PR

4.     Membantu memberi penjelasan kepada teman tentang pelajaran yang belum ia mengerti

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap Al Alim adalah menerapkan beberapa contoh diatas dalam kehidupan sehari-hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama