Perbedaan NFC Dan RFID

 
Perbedaan-NFC-Dan-RFID

Apa itu Near-Field Communication (NFC)?

Near Field Communication (NFC) adalah standar konektivitas nirkabel jarak pendek yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat saat disentuh bersama atau dibawa dalam jarak beberapa sentimeter satu sama lain. Dikembangkan bersama oleh Philips dan Sony, standar ini menetapkan cara bagi perangkat untuk membangun jaringan peer-to-peer (P2P) untuk bertukar data. Setelah jaringan (P2P) dikonfigurasi, teknologi komunikasi nirkabel lainnya, seperti Bluetooth atau Wi-Fi, dapat digunakan untuk komunikasi jarak jauh atau untuk mentransfer data dalam jumlah besar.

Tag NFC (atau kartu) adalah perangkat pasif. Mereka menyimpan data yang dapat diambil oleh perangkat NFC aktif. Contoh paling umum dari penggunaan NFC melibatkan sistem pembayaran tanpa kontak, di mana Smartphone dapat digesek ke pembaca NFC (yang semakin banyak dipasang di dekat kasir toko) untuk melakukan pembayaran tanpa kontak. Perangkat NFC mengirimkan informasi tentang kartu kredit pengguna Smartphone. Dalam hal ini, pembaca adalah tag NFC, sedangkan Smartphone bertindak sebagai perangkat NFC. Karena NFC harus terjadi dalam jarak dekat, transaksi dianggap aman. 

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang NFC

  • NFC mampu komunikasi dua arah dan karena itu dapat digunakan untuk interaksi yang lebih kompleks seperti emulasi kartu dan berbagi peer-to-peer.
  • NFC terbatas pada komunikasi jarak dekat, biasanya 10 cm atau kurang.
  • Hanya satu tag NFC yang dapat dipindai pada satu waktu.
  • NFC beroperasi pada 13,56 MHz dan merupakan perpanjangan dari standar RFID Frekuensi Tinggi (HF).
  • NFC dirancang untuk menjadi bentuk pertukaran data yang aman dan perangkat NFC mampu menjadi pembaca NFC dan tag NFC.
  • Di NFC, pembaca dan penulis berada dalam mode yang sama.
  • NFC digunakan secara global dalam kontrol akses, transportasi umum, pembayaran seluler, dan bidang lainnya.

Apa itu Radio-frequency Identification (RFID)?

RFID (Radio-frequency Identification) adalah bentuk komunikasi nirkabel yang menggabungkan penggunaan kopling elektromagnetik atau elektrostatik di bagian frekuensi radio dari spektrum elektromagnetik untuk mengidentifikasi objek, hewan, atau orang secara unik. Sistem RFID terdiri dari transponder kecil, penerima radio, dan pemancar.

Identifikasi Frekuensi Radio bekerja melalui perangkat elektronik kecil, biasanya microchip yang menyimpan informasi di dalamnya. Perangkat ini umumnya berukuran cukup kecil, terkadang seukuran sebutir beras dan dapat menampung data dalam jumlah besar. RFID digunakan dalam beberapa aplikasi komersial dan industri, mulai dari melacak item di sepanjang rantai pasokan hingga melacak item yang diperiksa di perpustakaan.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang RFID

  • RFID memungkinkan komunikasi nirkabel satu arah, biasanya antara tag RFID tanpa daya dan pembaca RFID bertenaga.
  • Tag RFID dapat dipindai pada jarak hingga 100 meter tanpa berhadapan langsung dengan pembaca.
  • Tidak mendukung berbagi peer-to-peer.
  • RFID beroperasi pada rentang frekuensi radio masing-masing dengan standar dan protokol yang ditetapkan.
  • Dalam RFID baik pembaca dan penulis berada dalam mode yang berbeda.
  • RFID digunakan secara global untuk pelacakan aset di pergudangan, penanganan bagasi bandara, identifikasi ternak, dan keterlacakan.

 Perbedaan NFC Dan RFID

  1. NFC mampu komunikasi dua arah dan karena itu dapat digunakan untuk interaksi yang lebih kompleks seperti emulasi kartu dan berbagi peer-to-peer. RFID memungkinkan komunikasi nirkabel satu arah, biasanya antara tag RFID tanpa daya dan pembaca RFID bertenaga.
  2. NFC 13.56 MHz. RFID 125kHz-124kHz, 13.56MHz, 856MHz-960MHz
  3. NFC terbatas pada komunikasi jarak dekat, biasanya 10 cm atau kurang. Hingga 20m atau lebih tergantung pada pembaca RFID.
  4. Di NFC, pembaca dan penulis berada dalam mode yang sama. Dalam RFID baik pembaca dan penulis berada dalam mode yang berbeda.
  5. Mendukung berbagi peer-to-peer. Tidak mendukung berbagi peer-to-peer.
  6. NFC digunakan secara global dalam kontrol akses, transportasi umum, pembayaran seluler, dan bidang lainnya. Pelacakan aset di pergudangan, penanganan bagasi bandara, identifikasi ternak dan ketertelusuran.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama